Tertib Administrasi Pelayanan Purna Jual
Layanan pelanggan atau disebut juga dengan istilah layanan purna jual merupakan bagian dari strategi dalam pemasaran, karena dengan layanan purna jual yang baik pelanggan kita akan merasa puas dan pada akhirnya ikut mempromosikan produk kita baik itu barang ataupun jasa.
Agar layanan pelanggan ini berjalan maksimal maka diperlukan tata kelola administrasi yang baik sehingga pelayanannya pun tidak terkesan asal-asalan, selain itu juga untuk menunjukan kepada pelanggan bawha mereka dilayani dengan profesional.
Salah bentuk tertib administrasi ini adalah adanya formulir keluhan pelanggan dimana dalam fomulir tersebut benar-benar terinci mulai dari data pelanggan, keluhan, analisa, tindakan sampai hasil dari perbaikan, selain itu data ini juga sangat berguna bilaman dikemudian hari ada keluhan lain dari pelanggan yang sama.
Berikut contoh formulir data keluhan pelanggan.
Demikian sedikit informasi tentang tata kelola pelayanan pelanggan, semoga bermanfaat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar